Cara Setting Email Kantor di Android

Bagi mereka yang bekerja di kantor biasanya akan diberikan alamat email menggunakan nama domain kantor. E-mail tersebut khusus digunakan untuk berkomunikasi dengan kantor ataupun klien. Agar memudahkan membuka inbox dan juga mengirim email, pengguna tidak mesti terus-menerus mengaksesnya dari komputer. Melalui smartphone Android pun dapat dilakukan dengan mudah. Berikut cara setting email kantor di Android langkah demi langkah.


Tak seperti layanan email gratis dari Gmail, e-mail kantor mesti disetting dulu secara manual. Mekanisme setting email kantor di Android tersebut biasanya memanfaatkan incoming server dan outgoing server milik sendiri. Incoming server lazimnya memakai IMAP port 143 dengan POP3 diisi port 110. Sedangkan untuk outgoing server dengan IMAP port umumnya tak sama yang tergantung dari layanan email yang digunakan.  Mengenai parameter dan  konfigurasi mail client bisa dilihat di webmail. Namun bila tak mengerti cara mengecek di webmail maka tanyakan saja ke bagian IT perusahaan.

Beberapa tahap mesti dilakukan untuk setting email kantor secara manual sehingga bisa menerima sekaligus juga mengirim email.  Ada dua macam setting yaitu Secure SSL/TLS dan Non-SSL. Untuk Secure SSL memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi saat perangkat Android berhubungan dengan remote mail server sehingga setting inilah yang  disarankan.  Sedangkan setting Non-SSL bisa langsung dilakukan dari mail server domain yang digunakan. Berikut cara setting email kantor di Android dengan pilihan Non-SSL Settings.

1. Masuk ke aplikasi Mail di Android. Aplikasi tersebut adalah aplikasi default yang tentunya ada di merek ponsel Android apa saja.

2. Berikutnya ketikkan alamat email kantor lalu klik tombol Next.
   
3. Klik pada POP3 lalu ketikkan password log in email dan selanjutnya klik Next.
   
4. Di layar incoming server settings, cek bahwa nama server dan port sudah sesuai dengan konfigurasi server mail kantor.  Selanjutnya klik Next. Nantikan sebentar sampai server selesai melakukan validasi.
   
5. Bila telah berhasil, maka akan muncul layar outgoing server settings atau SMTP. Pengguna harus melakukan setting mail server dan port sesuai dengan konfigurasi mail server yang dimiliki.
   
6. Di opsi Security type klik pada None kemudian centang pada Require signin. Berikutnya klik pada Next.
   
7. Apabila validasi berhasil, selanjutnya klik opsi frekuensi inbox yang masuk ke email lalu klik Next.
   
8. Paling akhir, cek nama dan alamat email yang muncul memang sudah  betul, selanjutnya klik Next.
   
9. Kini pengguna sudah dapat membuka inbox atau mengirimkan email langsung dari perangkat Android dengan alamat email kantor.
Lebih baru Lebih lama