Cara Setting Teleskop Bushnell 3 9x40eg

Untuk orang-orang yang memiliki hobi berburu di hutan dengan senapan angin, ketepatan menembak sasaran menjadi ketrampilan yang wajib dikuasai. Akan tetapi bila target buruan yang cukup jauh tentunya mata pun kurang awas. Sehingga pemakaian alat bantu penglihatan berupa teropong tak bisa dielakkan lagi. Teleskop yang cukup populer di kalangan pemburu bersenjatakan senapan angin yaitu seri Bushnell3-9x40eg. Cara setting teleskop Bushnell 3-9x40eg pun mesti dipelajari.


Secara umum cara setting teleskop Bushnell3-9x40eg tak berbeda dibanding jenis teropong merek lain. Karenanya tatacara setting teleskop Bushnell3-9x40eg pun berlaku untuk jenis teropong senapan angin yang lain. Sebelumnya untuk yang belum mengerti, akan dijelaskan bagian-bagian sebuah teleskop. Dengan mengerti penyusun sebuah teleskop maka setting pun akan gampang dilakukan. Komponen-komponen teleskop yang dapat disetel diantaranya : setelan samping kanan kiri, setelan atas bawah, zoom, switch on/off lampu, setelan plus minus.

Pengaturan samping kanan kiri berfungsi menyetel teropong supaya dapat digeser ke kanan atau kiri menurut arah laras sehingga posisi menembak dan citra yang dihasilkan presisi. Penyetelan diambil supaya posisi tembakan tak menggeser ke kanan atau ke kiri. Kemudian pengaturan atas bawah berfungsi menyetel tembakan supaya tak terlampau ke bawah atau ke atas sesuai citra yang nampak di teropong. Zoom difungsikan untuk memperbesar visual target agar makin jelas.
 
Switch On/Off lampu berfungsi menghidupkan lampu targeting saat berburu di malam hari. Tak setiap jenis teropong terpasang fitur lampu tersebut. Untuk sebagian pemburu ada yang lebih sreg memakai lampu laser untuk kemudian dipasang di atas laras senapan angin. Penyetelan plus minus mata berfungsi untuk menangani kekurangan kemampuan melihat mata pemburu yang bisa plus atau minus. Bagi sebagian pemburu yang kebetulan memakai kacamata minus atau plus maka fitur yang satu ini sangat menguntungkan sebab meraka kini tak usah lagi memakai kacamata ketika mengincar sasaran.

Cara setting teleskop Bushnell 3-9x40eg yaitu menyetel pengaturan atas bawah serta pengaturan kanan kiri. Agar bisa mengenai target secara presisi maka setting teleskop dan laras mesti sinkron yang dinamakan dengan zeroing. Zeroing tersebut mesti menyesuaikan dengan jarak optimal yang kerap dipakai. Misalnya Zeroing di jarak 10 m tentu tak sama dengan penyetelan untuk jarak 20 m. Untuk itu, tentukan tiap jarak bidik optimal guna menentukan secara tepat tiap pengaturan yang dipilih. Arah dan kecepatan angin pun ikut menentukan ketepatan tembakan yang dilakukan. Cara setting teleskop bushnell 3-9x40eg ini pun berguna untuk penggunaan di senapan air gun.