Cara Setting HT Alinco DJ A10 Radio Komunikasi Dua Arah

Handy Talkie (HT) merek Alinco DJ A10 adalah piranti radio komunikasi yang umumnya dipakai tentara, polisi, pekerja lapangan atau security yang memerlukan sarana komunikasi dua arah yang tangguh. Alinco DJ A10 memiliki bodi kuat, tahan air dan debu dengan desain mungil. Harga Akinco DJ A10 ini sekitar Rp.900 ribu per satunya. Bagi yang baru pertama kali menggunakannya tentu akan sedikit kebingungan meski sudah membaca manual. Karena itu berikut tata cara setting HT Alinco DJ A10 secara manual.

Cara setting HT Alinco DJ A10 secara manual yang pertama dilakukan adalah pengaturan mode VFO. Untuk itu tekan tombol [D] sekali untuk membuka mode VFO. Selanjutnya yaitu menentukan frekuensi dengan mengetikkan nilai frekuensi RQ tertentu misalnya 144.700. Berikutnya pencet tombol [A] satu kali diteruskan tombol angka [4] sekali. Akan keluar duplex [-] pada layar kemudian keluar duplex [+]. Setting menurut frekuensi repeater yang akan digunakan bisa minus [-] atau plus [+].

Berikutnya tekan tombol [A] satu kali lalu tombol angka delapan [8] kemudian pilih menu nomer 4 atau posisi OFFSET. Pencet tombol [A] sekali. Untuk menaikkan tekan tombol [B] atau tombol [C] untuk menurunkan. Selanjutnya pencet kembali tombol [A] dan tombol [#] atau [D]. Tahap terakhir yaitu menyimpan hasil pengaturan frekuensi yang sudah dilakukan. Pencet tombol [A] satu kali lalu tombol [D] sekali dan tahan cukup lama. Kemudian pilih nomer memori menurut yang dikehendaki misalnya : 1900 atau yang lainnya. Tekan tombol [B] bila ingin menaikkan atau tombol [C] bila ingin mengurangi. Sesudah itu pencet cukup lama tombol [D] agar alat ini bisa menyimpan hasil pengaturan yang sudah dilakukan.

Spesifikasi HT Alinco DJ A10 :

- Mempunyai 128 channel untuk parameter program operasi lewat software utilitas komputer.
- Channel, tag nama dan VFO (Frekuensi) bisa ditentukan sendiri oleh pengguna
- Terpasang sumber daya dari baterai Li-Ion.
- Bentuk kompak dan ergonomis dengan dimensi lebar 59.0mm x tinggi 98.0mm x 35.0mm tebal.
- Berat termasuk baterai dan antena 227 gram.
- Memiliki 3 fungsi scan yaitu VFO / channel / Prioritas Memory, 50 CTCSS, DCS 116 dan 4 nada Tone-burst.
- Layar LCD dot matrik dengan backlit dan tag nama alfanumerik.
- Terpasang mikrofon dan speaker port.
- Fitur-fitur lain seperti : internal VOX, penerima radio FM, Voiceprompt berbahasa Inggris, Analog berebut, Remote-Kill/Stun/Waken, compounder suara, fitur mempersempit frekuensi FM, Repeater-reverse, Auto-Power-OFF, Busy-ChannelLockout dan Time-Out-Timer.
Lebih baru Lebih lama