Cara Setting APN 3 Agar Lebih Cepat Aksesnya

Hutchison 3 Indonesia yang populer sebagai pemegang merek Tri selalu menghadirkan berbagai inovasi di era millennial ini. Tak mengherankan jika jumlah pelanggan Tri terus meningkat yang saat ini diklaim sudah menyentuh bilangan 60 juta. Operator ini pun sudah menggelar secara komersial jaringan internet cepat 4G bagi para pelanggannya.

Jaringan 4G LTE milik Tri saat ini sudah mengkover sampai 227 kota/kabupaten yang tersebar di 25 propinsi di tanah air. Cakupan 4G LTE itu membentang dari kota Lhokseumawe sampai Manado terdiri dari dari pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Jawa hingga Bali. Jaringan 4G LTE dihadirkan demi menjawab kebutuhan mobile internet untuk seluruh masyarakat Indonesia yang menginginkan layanan digital dan multimedia berkualitas. 

Meski kini zamannya smartphone Android berfitur internet 4G namun sebagian pelanggan 3 masih tetap menggunakan featured phone atau ponsel dasar yang internetnya maksimal hanya 3G. Bila pada smartphone, pengaturan internet biasanya sudah otomatis dilakukan oleh pembuatnya namun berbeda dengan ponsel dasar yang kadang memerlukan pengaturan secara manual. Pengaturan tersebut selain untuk akses internet juga bertujuan membuat akses internet bertambah cepat.

Mengakses internet di jaringan 2G dan 3G memang sering mengalami kendala kecepatan. Terlebih bila dilakukan di jam-jam sibuk dimana banyak pengguna secara bersamaan mengaksesnya. Para pelanggan 3 yang menggunakan featured phone pun terkadang mengalaminya. Hal tersebut bisa sedikit diatasi bila pelanggan melakukan setting ulang parameter Access Point Name (APN).

Agar kenyamanan pengguna bisa maksimal, berikut cara setting APN 3 agar lebih cepat. Jangan lupa untuk mengosongkan isian data Proxy di menu pengaturan.

General Setting :

- Setting : GPRS
- Data Bearer : GPRS
- Access point name (APN) : 3gprs
- User name : 3gprs
- Password : 3gprs
- Home     : http://wap.three.co.id
- Phone IP Address : Automatic

Setting MMS :

- Connection name : 3mms
- Data bearer : GPRS
- Access point name (APN) : 3mms
- User name : 3mms
- Prompt Password : No
- Password : 3mms
- Authentication : Normal
- Gateway IP address : 0.0.0.0
- Homepage : http://mms.three.co.id
- Phone IP address : Automatic
- Primary name server    : 0.0.0.0
- Secondary name server : 0.0.0.0
- Proxy server address     : 10.4.0.10
- Proxy port number : 3128

Setting GPRS AON & Internet Bulanan :

- Access point name (APN) : 3data
- User name : 3data
- Password : 3data
- Dial Number    : *99#
- Authentication : Default



Lebih baru Lebih lama