Cara Setting Keyboard Laptop Saat Tak berfungsi

Para pengguna laptop akan jengkel jika keyboard tak berfungsi dengan semestinya. Gangguan ini tentunya akan mengganggu pekerjaan atau tugas sekolah yang perlu diselesaikan dengan cepat. Mengingat bagian ini selalu digunakan maka wajar jika paling beresiko terjadi kerusakan. Jika beberapa tombol keyboard tak berfungsi, mungkin saja disebabkan software atau hardware yang bermasalah. Bagaimana cara setting keyboard laptop saat tak berfungsi?


1. Membersihkan debu yang menumpuk di keyboard

Saat beberapa tombol keyboard tak berfungsi, boleh jadi karena tumpukan debu atau kotoran. Coba miringkan laptop dengan sudut 75 derajat kemudian goyang-goyangkan agar debu dan kotoran terkumpul di tepi bawah. Laptop harus dalam kondisi mati. Boleh juga dimiringkan sampai tegak lurus bila memang dibutuhkan. Kemudian bersihkan bagian bawah dan atas keyboard menggunakan isolasi. Selanjutnya cek seluruh tombol, sudah berfungsi atau belum.

2. Me-restart

Apabila mendadak tombol-tombol tak berfungsi, boleh jadi biangnya adalah driver yang digunakan. Dengan me-restart laptop kemungkinan akan mengembalikannya berfungsi kembali. Bila tak dapat me-restart dari menu start, coba tahan tombol power antara 5 hingga 15 detik.

3. Me-restore program Windows

Pertama klik Start menu lalu klik Control Panel. Kemudian sorot menu System and Security dan klik pada Back up your computer. Di jendela selanjutnya, tekan pada opsi Recover system settings or your computer. Selanjutnya klik pada Open System Restore.

4. Update driver Keyboard

Driver keyboard laptop yang sudah ketinggalan atau tersimpan program jahat yang membuat keyboard tak merespon. Untuk itu coba masuk ke Device manager. Klik pada Start menu kemudian klik pada Control Panel. Pilih System and Security kemudian klik pada Device manager. Di jendela yang muncul akan tertera driver untuk seluruh hardware laptop. Klik pada Keyboard untuk menampilkan driver-driver yang digunakan. Bila mempunyai tanda segitiga kuning dan tanda seru maka artinya ada masalah. Hendaknya segera meng-update driver keyboard dari situs resmi pembuat laptop.

5. Bawa laptop ke service center resmi

Apabila keyboard masih saja tak mau bekerja, boleh jadi masalahnya ada pada perangkat kerasnya. Segera bawa ke service center resmi bila memang masih memiliki garansi. Atau bawa ke jasa service komputer.

Cara setting keyboard laptop bila tak berfungsi sebagian, bisa juga dengan memanfaatkan keyboard eksternal. Dijual banyak keyboard eksternal yang mempunyai model cantik, kendati memang agak merepotkan saat dibawa-bawa. Kecuali itu bila dalam kondisi mendesak, bisa juga mengaktifkan keyboard virtual. Untuk itu masuk ke Start menu > All Programs > Accessories > Ease of Access > On-Screen Keyboard.
Lebih baru Lebih lama