Cara Pasang 4 lnb Parabola 10 Feet

Cara pasang 4 lnb parabola 10 feet tipe  fixed dish atau tak menggunakan penggerak tak dapat dilakukan secara asal-asalan. Keempat lnb tersebut mesti menduduki posisi yang tepat sehingga bisa menangkap sinyal satelit yang ditembak. Umumnya parabola dengan 4 lnb akan menembak sinyal dari 4 satelit berikut : Palapa d, Telkom 3s, Asiasat 7 dan Asiasat 5.


Cara pasang 4 lnb parabola 10 feet harus merangkai dudukan lnb atau scalaring lebih dulu dengan tepat. Meskipun telah tersedia scalaring yang diberikan produsen, akan tetapi bentuknya paten dan sulit dimodifikasi untuk disesuaikan dengan parabola yang dipakai. Untuk menempatkan 4 lnb diperlukan 2 scalaring dobel atau ring horn utuh. Tiap-tiap ring modelnya twin lnb yaitu 1 ring untuk 2 lnb.

Untuk memasang 4 lnb maka 2 ring itu harus ditata sedemikian rupa agar dapat menangkap sinyal dari 4 buah satelit secara maksimal. Untuk jarak pemasangan antar lnb tergantung dari ukuran parabola yang dipakai. Untuk parabola 10 feet, kedua ring tinggal ditempelkan rapat. Dibutuhkan plat kecil untuk menyambungkan kedua ring tersebut. Boleh digunakan besi siku yang memiliki lubang-lubang. Jarak antar lubang kurang-lebih 1,75 cm. Selanjutnya pasang ring di tiang fokus.

Sesudah itu pasang lnb di tempatnya masing-masing. Untuk parabola dengan ukuran 10 feet maka jarak lnb Telkom 3s dengan Palapa d adalah 4,5cm. Selanjutnya jarak lnb untuk Asiasat 7 dengan lnb untuk Asiasat sebesar 5 4,5cm. Setelahnya pasang kabel rakit dan switch. Pemasangan kabel ke switch sama dengan ketika masih memakai 1 lnb untuk satelit Telkom 1.

Setelah pemasangan diselesaikan, tiang fokus siap untuk dipasang ke parabola lalu dilakukan tracking untuk mendapatkan sinyal paling maksimal. Sinyal satelit yang ditangkap oleh parabola bisa maksimal bila berada di titik akurat dari tiga sudut meliputi sudut deklinasi, elevasi, dan azimuth. Besarnya sinyal yang ditangkap tak bisa dijadikan sebagai tolok ukur. Boleh jadi sinyal yang didapat besar, akan tetapi kualitas gambar kalah dengan sinyal yang pas-pasan sebab masing-masing perangkat mempunyai kemampuan yang tak sama.

Saat proses tracking sudah dapat melakukan penguncian sinyal satelit yang dikehendaki, kita harus menggoyangkan parabola sedikit ke selatan utara, timur dan barat hingga didapatkan titik sinyal terbesar. Kita pun mesti mencoba memutar posisi parabola dari pipa tiang penyangga ke kiri dan ke kanan hingga diperoleh titik maksimal. Apabila telah maksimal, tinggal mengencangkan baut sekuat mungkin.

Previous
Next Post »