Cara Setting Mixer untuk Vokal

Cara setting mixer untuk vokal sehingga dihasilkan suara yang jelas dan daya jangkau yang jauh mungkin masih membingungkan. Vokal terdiri dari nada menengah (Middle Band Frequency) sehingga perlu menyetel Frekuensi Nada Middle. Telinga manusia bisa mendengar frekuensi di rentang 20Hz - 20 KHz dengan kebanyakan suara yang diucapkan manusia di rentang mulai 300Hz - 3000Hz.


Pakai Jack XLR Balance untuk input Microphone di channel Mixer. Misalnya memasang Microphone handheld di channel 1 maka beberapa setting yang bisa dilakukan adalah :

1. Setting Gain Sensitive

Untuk suara mikrofon kita bisa menyetel level sinyal input. Agar bisa memperoleh balance terbaik dari rasio S/N dan jangkauan dinamis bisa dengan menyetel Gain Input sampai memperoleh puncak lampu indikator bergerak sesuai sinyal suara. Setel gain suara di posisi lampu menyala di 0 dB atau 10 dB (input transient tertinggi). Setting seberapa tinggi suara yang masuk di salah satu channel Mixer monaural yaitu dengan menekan tombol PFL di kanal mixer sesudah Input sensitif dikunci.

2. Setting Level Channel Audio

Sesudah memperoleh level gain input yang masuk di blok kanal mixer, berikutnya yaitu menyetel tinggi level yang akan disalurkan ke Adding dan Main Master. Tiap kanal tentu akan bermuara di bagian pencampur ini. Tingkat yang masuk di bagian adding berbeda-beda dipengaruhi besar kecilnya volume di tiap-tiap channel. Guna mengecek besar kecilnya sebuah kanal (Monaural dan Stereo Channel) yang tersalur ke bagian penjumlah yaitu dengan menekan tombol PFL.

3. Setting Master Level Audio

Seluruh sinyal yang masuk di pencampuran kanal selanjutnya diolah kembali di bagian master. Alat ini berupa Operational Amplifier yang kemudian menyalurkan ke bagian akhir Sound system yakni Loudspeaker.

4. Setting EQ (Tone Control) untuk Vokal

Mixer Console biasanya memiliki 3 band Equalizer yang bekerja untuk menyetel channel tinggi, menengah, dan rendah untuk menyelaraskan warna suara. Caranya, posisikan default Setting Equalizer di tengah akan menciptakan respon flat di frekuensi yang telah disetel pihak produsen.  Jika memutar tombol ke kanan akan memperkuat frekuensi yang dikehendaki, sebaliknya bila ke kiri maka melemahkan frekuensi. Channel mono mempunyai kontrol frekuensi pertengahan yang akan menyelaraskan frekuensi midrange.

5. Setting Sound Effect (FX)

Di Mixer Console sudah ada fungsi ini. Harus banyak mencoba agar bisa menemukan suara gema (echo) yang sesuai. Jika Mixer ternyata tidak memiliki fungsi ini kita mesti melengkapinya dengan perangkat Sound FX eksternal. Sambungkan memakai AUX Send untuk pengirim sinyal dan Return dapat disambungkan ke salah satu channel atau Return tersendiri.

6. Setting Sound Monitor untuk Vokal

Untuk persewaan sound system khusus untuk solo organ, pemain oran dan penyanyi memerlukan Speaker Monitor sebagai pemandu bermain musik yang ada di panggung. Setting level dan tone terbaik dan tak mengalami storing.

Previous
Next Post »