Cara Setting Membran Fiz R

Membran merupakan sparepart yang ditemukan hanya di motor 2 tak saja termasuk Yamaha Fiz R. Komponen ini bekerja dengan menyalurkan bahan bakar yang sudah bercampur dengan udara lalu menyalurkannya ke ruang bakar. Cara setting membran Fiz R yang pas berpengaruh banyak pada performa mesin. Bagi para pemilik motor legendaris ini sebaiknya paham bagian ini.


Secara umum membran mempunyai 3 bagian pokok yaitu stopper, reed petal, dan base.  Cara setting membran Fiz R, bagian yang mesti dicek pertama kali yaitu stopper. Stopper berfungsi memegang lidah membran dan mengatur bukaannya. Setting di bagian ini berguna untuk mengatur suplai bahan bakar ke ruang bakar. Untuk mensettingnya yaitu dengan menyetel tinggi rendahnya stopper. Bila disetel makin tinggi, itu artinya suplai bahan bakar makin besar. Bila memiliki suplai bahan bakar yang deras maka akan menghasilkan power yang besar di tarikan bawah.

Namun kelemahannya dengan settingan stopper yang tinggi adalah kerja membuka dan menutup membran jadi lambat yang akibatnya akan sulit meraih putaran tinggi. Begitupun sebaliknya jika stopper disetel rendah dengan sendirinya akan loyo di tarikan rendah. Cara penyetelan stopper yang pas tentunya menyesuaikan dengan keinginan pengguna. Bila menginginkan tarikan bawah yang jos maka stopper di setel tinggi, namun bila ingin tarikan atas yang panjang maka disetel stopper rendah. Namun jika untuk penggunaan harian akan lebih dianjurkan disetel di pertengahan.

Bagian utama membran selanjutnya yaitu lidah membran. Komponen lidah membran berfungsi mengendalikan besar kecilnya suplai bahan bakar. Komponen ini diatur dari stopper di atas. Luas penampang lidah membran berpengaruh pada besar kecilnya bahan bakar yang disedot mesin. Kemudian kerapatan membran akan berpengaruh pada pasokan bahan bakar. Lidah membran yang masih normal akan bisa bergerak membuka dan menutup dalam waktu yang tepat sesuai kebutuhan. Jika kelenturan lidah membran masih normal maka kerjanya pun akan baik. Power yang dihasilkan menjadi maksimal untuk tarikan atas atau bawah.

Cara setting membran Fiz R juga harus mengenal rumah membran atau base. Rumah membran berguna untuk menempatkan beberapa bagian membran supaya bisa bekerja dengan semestinya. Komponen yang satu ini bisa aus dan kemudian rusak disebabkan usia penggunaan maupun settingan yang berlebihan. Karena itu para pemilik harus selalu mengecek kondisinya sehingga fungsinya selalu normal.