Cara Pasang LNB KU Band pada Dish Jaring

Sinyal Ku band menghasilkan beamwidth (lebar berkas) yang lebih kecil dibanding C band. Akibatnya setting ke parabola akan lebih rumit dibanding C band. Kecuali itu diameter parabola pun mempengaruhi beamwidth C atau Ku band. Melakukan tuning di parabola dengan diameter lebih besar menjadi lebih sulit dibanding yang memiliki diameter kecil sebab diameter besar artinya beamwidth-nya lebih kecil.


Sehingga mensetting lnb Ku band menjadi lebih mudah di dish dengan diameter kecil (di bawah 6 feet). Parabola yang sudah disetel untuk Ku band bisa berfungsi juga untuk lnb C band. Namun parabola yang disetel baik untuk C band belum tentu bisa berfungsi pada lnb Ku band. Urut-urutan cara pasang lnb ku band pada dish jaring salah satunya adalah sebagai berikut :

- Menentukan titik fokus (f) sebagai titik memasang lnb

Rumusnya adalah pangkat 2 dari diameter (D) dibagi 16 x depth atau f = D2/16.d. Sehingga jika misalnya memakai antena 6 feet dan depth (kedalaman parabola) 30 cm didapatkan f = 67,5 cm. Jarak 67,5 cm itu diukur dari dasar piringan parabola. Kemudian menghitung rasio fokus/diameter = 67,5 cm/ 180 cm = 0,36. Nilai 0,36 tersebut yang dipakai sebagai patokan naik turunnya adjustable scalar ring.  Cara pasang lnb ku band pada dish jaring yaitu dengan mengarahkan garis ke angka O di arah Utara atau Selatan. Jika tak ada garis 0 maka bisa dengan mengarahkan Konektor ke arah Utara atau Selatan. Selanjutnya atur ketinggian lnb agar ring berada 67,5 cm dari dasar antena.

- Mengatur Local Oscilator Frequency (LOF)

Atur LOF di 9750/10600 dan 22 Khz Auto atau LOF1 9750 dan LOF2 10600. Pengaturan ini bisa saja tak sama ditentukan oleh receiver yang dipakai.

Untuk memulai tracking sinyal, triknya pakai sinyal C band untuk menemukan arah kurva satelit lebih dahulu. Selanjutnya tune antena di salah satu frekuensi/sinyal C band analog atau digital. Begitu diperoleh sinyal quality dan sinyal strength terbaik, selanjutnya ganti LNBF dengan Ku band lalu scan pada freq yang dikehendaki. Jika sinyal strength besar namun sinyal quality kecil maka harus mengoreksi deklinasi atau Arah Utara – Selatan) menggunakan mur setelan di parabola.

Kita akan lebih banyak menggunakan improvisasi sesudah melakukan semua cara tadi namun belum berhasil. Salah satu kemungkinannya yaitu penggunaan tiang atau post dengan diameter lebih kecil dibanding diameter mounting parabola. Akibatnya parabola yang terpasang lebih mungkin bergerak meski cuma sedikit. Pada lnb ku band pergerakan sedikit saja dari sumbu satu ke sumbu lain akan sangat besar pengaruhnya. Untuk itu kita harus mengganti tiang menggunakan diameter yang sesuai dengan mounting parabola agar pergerakan tak terjadi lagi. Melakukan tracking lnb ku band pun mesti sabar, perlahan-lahan dan menggunakan referensi yang tepat.