Cara Setting Fingerprint Solution X100 C

Solution X100-C adalah mesin absensi fingerprint yang cukup canggih saat ini. Beberapa fiturnya adalah : memori besar, Web Server, Cloud Server, USB Flash Disk, Schedule Bell, Workcode, Function Key dan  SMS Message. Untuk antarmuka menggunakan display TFT LCD diagonal 3 inci dan bodi terbuat dari logam solid. Untuk pengoperasiannya tak membutuhkan bantuan komputer meski bisa juga dikoneksikan untuk mengambil data. Dalam paket pembelian mesin ini sudah termasuk perangkat lunak bila ingin menghubungkannya ke komputer.



Adanya layar TFT LCD akan mempermudah navigasi serta cara absensi yang makin menyenangkan sebab bisa menyuguhkan foto karyawan ketika menginput sidik jari. Fitur USB Flash Disk pun akan sangat berguna bila kebetulan kantor/pabrik tak mempunyai komputer. Menariknya lagi mesin ini pun bisa dikendalikan dari jarak jauh lewat internet cukup membuka browser saja. Fitur Schedule Bell berfungsi untuk mengatur bel saat jam masuk, jam istirahat dan jam pulang. Sementara fitur SMS Message berfungsi misalnya pihak admin ingin mengirimkan pesan khusus ke karyawan tertentu saat ia melakukan absensi cukup dengan mengirimkan SMS dari ponsel.

Berikut cara setting fingerprint Solution X100 C yang dimulai dari pendaftaran sidik jari dan kartu. Registrasi sidik jari dan kartu dijalankan di mesin ini dengan menekan tombol Menu (M) kemudian tekan User dan selanjutnya tekan Manage. Data user sebelumnya bisa diinput lewat komputer atau USB Flash Disk, selanjutnya pilih ID dan Name yang hendak didaftarkan kemudian klik tombol OK. Ketikkan nama bila ingin mengganti, gunakan tanda bintang (*) untuk menginput karakter T9. Klik tombol OK bila selesai, lalu klik pada Enroll FP dan tempelkan sidik jari hingga 3 kali. Kemudian klik OK untuk menyimpan data yang diinput. Bila ingin melakukan pendaftaran untuk sidik jari dari karyawan lain maka klik pada ID dan Name user karyawan tersebut, kemudian klik OK begitu selanjutnya.

Menu Maintenance Timetable berfungsi untuk mengelola waktu kerja karyawan. Klik tombol Add bila ingin menambahkan jam kerja. Kemudian Post jika hendak menyimpan jam kerja, Delete bila hendak menghapus jam kerja. Misalnya :

Timetable Name : Judul jam kerja (Normal)
On Duty : Jam Datang (09:00)
Off Duty : Jam Pulang (17:00)
Late Time : Toleransi Terlambat (0)
Early : Toleransi Pulang Awal (0)
Beginning In : Batas awal check in (07:00)
Ending In : Batas akhir check in (12:00)
Beginning Out : Batas awal check out (12:01)
Beginning Out : Batas akhir check out (06:00)

Inputkan seluruh daftar jam kerja karyawan menurut jam kerja perusahaan yang bersangkutan.

Previous
Next Post »