Teknik Cara Pasang Parabola 4 lnb yang Tepat

Cara pasang parabola 4 lnb tak boleh dikerjakan asal-asalan sebab keempatnya harus presisi sehingga bisa diperoleh sinyal kuat dari satelit. Umumnya parabola dengan 4 lnb mengarah ke 4 satelit meliputi : Palapa d, Telkom 1, Asiasat 7 dan Asiasat 5. Diperlukan rangkaian dudukan lnb /scalaring yang tepat. Meski scalaring dari pabrik sudah tersedia namun karena bentuknya paten sehingga sulit dimodifikasi pada dish yang berbeda-beda ukuran.


Cara pasang parabola 4 lnb pada prinsipnya tak berbeda dengan satu atau dua lnb. Yang harus diingat yaitu posisi satelit yang digunakan untuk patokan. Pemasangan lnb bisa sejajar atau melingkar. Bila lnb disusun sejajar maka paling barat yaitu Palapa d, Telkom 1 lalu Asiasat 7 dan paling timur Asiasat 5. Posisi lnb tak mesti rapat atau renggang yang pokok yaitu pengaturan baut dudukan yang mengarah barat-timur. Bila posisinya melingkar, 2 lnb yang mengarah ke Telkom 1 dan Asiasat 7 ada di sebelah utara sebab satelit tersebut posisinya di selatan garis khatulistiwa. Lalu 2 lnb lainnya yang mengarah ke Palapa d dan Asiasat 5 ditempatkan di sebelah selatan. Tujuannya untuk memperoleh kekuatan sinyal maksimal di atas 65 %.

Pasang parabola mengarah ke utara ditambah bila 4 lnb dipasang sejajar maka harus sejajar garis khatulistiwa. Satelit untuk acuan lazimnya yang paling timur yaitu Palapa d. Karenanya lnb paling barat yaitu lnb yang mengarah ke Palapa d. Apabila telah didapatkan sinyal terkuat, lanjut dengan menyetel lnb yang menuju Telkom 1, lalu Asiasat 7 dan paling akhir Asiasat 5.

Apabila dipasang melingkar, untuk socket nomor 2 arah tenggara untuk lnb yang mengarah ke Palapa d, kemudian socket nomor 3 arah barat daya untuk lnb yang mengarah ke Asiasat 5. Socket nomor 1 arah timur laut untuk lnb yang mengarah ke Telkom 1. Socket 4 arah barat laut untuk lnb yang mengarah ke Asiasat 7.

Begitu sinyal kuat dari palapa d diperoleh, langsung saja pasang baut lnb dengan kuat agar tak bisa bergeser. Lalu lakukan search otomatis siaran yang bisa diterima. Langkah yang sama juga dilakukan untuk posisi lnb lainnya. Sudut kemiringan terendah adalah Asiasat 5 sebesar 79, 6 0 dan tertinggi yaitu Telkom 1 sebesar 82,6 0. Untuk itu pasang parabola dengan sudut kemiringan 81,10. Untuk lnb Skew terendah yaitu Asiasat 5 sebesar -45,5 0 dan tertinggi sebesar 44,6 0 sehingga parabola mesti dipasang dengan lnb Skew -04,5 yang berarti parabola akan miring ke barat sebesar 04,5 0.

Cara pasang parabola 4 lnb di satu parabola tak hanya dengan teknik di atas saja. Masih ada beberapa trik yang juga bisa digunakan dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.
Lebih baru Lebih lama