Cara Setting Wifi Modem ZTE F660 Sebagai Hotspot

Untuk diketahui bersama bahwa Modem ZTE F660 yang diberikan kepada para pelanggan Indihome tak seperti modem-modem lain. Sebab untuk membuatnya berfungsi sebagai Access Point butuh beberapa pengaturan. Jika dikoneksikan ke Router perangkat penerima diantaranya smartphone atau laptop tak akan otomatis menerima IP Router gateway. Pengguna harus mengetahui cara setting Wifi modem ZTE F660 dengan benar.

Perangkat modem ZTE F660 tak dijual bebas yang cuma bisa diperoleh jika berlangganan internet IndiHome dari PT.Telkom Indonesia. Dilihat fitur-fiturnya modem yang satu ini cukup handal dengan jangkauan cukup jauh. Cara setting Wifi modem ZTE F660 bagi para pelanggan yang ingin menggunakannya untuk memancarkan hotspot di rumah bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Dalam kasus ini modem ZTE F660 akan bertindak sebagai Access Point.

Pertama yang harus dilakukan adalah mereset modem ZTE F660. Caranya, pencet tombol reset yang terletak di sebelah samping unit modem. Selanjutnya adalah melakukan setting IP komputer untuk disamakan dengan IP Modem ZTE F660. Log-in ke modem dari browser dengan mengetikkan alamat IP 192.168.1.1. Pakai username dan password default yaitu "admin" (tanpa tanda kutip).

Setelah laman terbuka, berikutnya klik pada menu Network > Wan > Wan Connection. Lalu buat baru 1 Wan Connection dengan parameter sebagai berikut :

  - IP Version : IPV4
  - Type : DHCP
  - Connection Name: Create Wan Connection
  - Service List : INTERNET
  - VLAN Mode : TRANSPARENT
    
Lalu klik pada tombol Create untuk memprosesnya.

Lanjut masuk ke menu  Network > WLAN > Basic. Berikan tanda centang di opsi Wireless RF Mode, kemudian klik tombol Submit.
Langkah dilanjutkan dengan membuka tab Multi-SSID Settings. Di opsi SSID Name, buat nama menurut keinginan dan selanjutnya klik Submit. Dilanjut dengan membuka tab Security, untuk opsi ini pilih SSID 1 kemudian untuk WPA Passphrase, masukkan password sesuai keinginan dan akhiri dengan klik Submit.

Berikutnya klik Network > LAN > DHCP Server. Setelah halamannya terbuka, hilangkan centang untuk opsi Enable DHCP Server, kemudian centang di opsi Assign IspDNS dan Enable TCP DNS. Sudahi dengan klik tombol Submit. Lanjut dengan membuka tab DHCP Mode, di opsi tersebut setting Port LAN1, LAN2, LAN3, LAN4, dan SSID1 ke DHCP Mode Default kemudian klik tombol Submit.

Apabila seluruh tahapan tadi telah dilakukan, pengguna bisa mencobanya dengan mengakses internet dari smartphone atau laptop. Kedua perangkat akan dengan otomatis tersambung ke hotspot yang dipancarkan oleh modem ZTE F660.