Cara Setting DVR H 264 ke Internet, Langkah Demi Langkah

Guna mendukung sistem keamanan rumah yang lebih terjamin, penggunaan kamera CCTV menggunakan DVR H 264 standalone cukup bisa diandalkan. Selain dapat langsung merekam tanpa bantuan komputer, video live yang dipantau kamera CCTV pun bisa disaksikan melalui smartphone. Cara setting DVR H 264 ke internet termasuk mudah. Kita dapat mencobanya sendiri dengan mambaca manual. Secara garis besar cara setting DVR H 264 ke internet adalah sebagi berikut.


Cara setting DVR H 264 ke internet langkah pertamanya adalah menyambungkannya ke router. Selanjutnya lakukan konfigurasi Port, Netmask, DNS dan Gateway. Di DVR Menu pilih menu Advance Config, selanjutnya pilih Networks. Untuk konfigurasi Gateway bisa dicoba parameter dari 192.168.1.2 sampai 192.168.1.255. Parameter Subnet Mask biasanya 255.255.0 sementara Port diisi nilai 80 sebagai angka standar. Berikutnya memastikan jika perangkat DVR memang sudah tersambung ke komputer. Buka browser di komputer kemudian ketikkan IP Address DVR misalnya http://192.168.1.10:80 sehingga keluar halaman login.

Bila menggunakan layanan Speedy, ketikkan username dan password Speedy yang dimiliki. Bila login berhasil dilakukan maka selanjutnya klik menu Advanced Setup, lalu klik Nat di menu PVC4. Namun bila tak keluar bisa memilih opsi PVC1, PVC2 atau PVC3. Sesudah itu klik menu Virtual Server dan lengkapi kolom dengan parameter yang sesuai. Contohnya untuk Rule index dimasukkan “1”, kemudian Protocol masukkan “All”, lalu ada Start Port Number yang bisa dimasukkan angka “80" sebagai Port DVR”, End Port Number ketikkan angka “80" juga sementara untuk Local IP Address masukkan 192.168.1.10.

Proses yang harus dilakukan selanjutnya adalah registrasi ke layanan Dyn DNS. Masuk ke website dyndns.com kemudian klik tombol login. Halaman yang ditampilkan selanjutnya mengharuskan pengguna untuk melengkapi data yang diminta. Setelahnya pengguna harus mengaktivasi dengan klik pada link di dalam email yang dikirimkan. Selanjutnya klik pada Add host service dan klik pada Hostname, CCTV dan Add to Cart lalu klik tombol Next dan kemudian tombol Activate Service.

Berikutnya adalah melakukan konfigurasi Dyn DNS yang menuju komputer. Login DVR Avtech melalui komputer dengan mengetikkan username, password dan kode verifikasi. Sesudah itu setting DVR internet dengan melengkapi parameter-parameter sesuai data yang diberikan oleh Dyn DNS. Untuk opsi DDNS klik pada Enable, lalu System Name pilih dyndns dan masukkan username, password dan hostname sesuai data yang diberikan dyndns.com.

Bilamana seluruh parameter telah diisi, otomatis live video kamera CCTV yang terkoneksi ke DVR bisa dibuka dari internet. Cukup dengan login dengan mengetikkan data hostname sebagaimana yang diberikan DynDNS. Akses live video ini dapat disaksikan melalui komputer, smartphone atau tablet kapan saja.